5 Tujuan Wisata Memikat Di Taman Nasional Bali Barat

Zenbuffet.net - Berkunjung Bali benar-benar tak pernah menjemukan. Beberapa pantai di Kuta, Seminyak, Nusa Dua, sampai keelokan alam Ubud dan Kintamani terus membuat rindu untuk didatangi kembali. Tetapi, jika ingin menelusuri lebih banyak mengenai Bali, perlu berkunjung Taman Nasional Bali Barat.


Wisata Nasional Bali Barat


Mencapai Taman Nasional Bali Barat

Sama namanya, Taman Nasional Bali Barat (TNBB) ada di ujung paling barat Pulau Dewata, dekat sama Dermaga Gilimanuk yang menyambungkan Bali dengan Pulau Jawa dan dekat sama Propinsi Jawa Timur. Malahan, dari TNBB, kamu dapat melhat secara jelas dataran Pulau Jawa (Jawa Timur), Gunung Ijen, Gunung Ranti, Gunung Carenge di Jawa Timur.

Selaku taman nasional, kamu bukan hanya mendapati beberapa pantai cantik, dan juga teritori konservasi alam yang terbagi dalam rimba lebat, bermacam tumbuhan, bukit-bukit, pulau-pulau, bermacam satwa liar, keberagaman hayati bawah laut.

TNBB ada seputar 2 km dari Dermaga Gilimanuk dan 79 km dari kota Singaraja. Persisnya, berada di Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng dan bersebelahan langsung dengan Kabupaten Jembrana. Jalur jalan yang lewat TNBB ialah sejauh Jl. Singaraja-Gilimanuk.

Sedang, dari Denpasar, diperlukan perjalanan seputar 3,5 jam lewat darat, dalam jarak menempuh seputar 132 km. Ada dua jalur jalan yang dapat dipakai. Dari arah utara, kamu pergi dari Singaraja telusuri Jl. Raya Singaraja-Gilimanuk. Jika dari selatan, bisa telusuri Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk, lalu lewat Jalan Raya Cekik ke Jl. Raya Singaraja-Gilimanuk.

Kamu dapat capai TNBB dari Propinsi Jawa Timur, yakni dari kota Banyuwangi, lewat Dermaga Ketapang dan seberang Selat Bali ke Dermaga Gilimanuk. Ada pula akses masuk di TNBB lewat Teluk Labuhan Lalang dengan sewa perahu lewat dermaganya.


Antiknya Taman Nasional Bali Barat

Teritori TNBB rupanya punyai kekhasan tertentu. Dalam daerah itu, ada kombinasi dua ekosistem, yakni ekosistem darat dan laut. Ekosistem daratnya meliputi teritori rimba mangrove, rimba pantai, rimba musim, rimba hujan daratan rendah, savanna, rimba hujan tropis.

Sedang, ekosistem lautnya terbagi dalam ekosistem terumbu karang, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal, dan perairan laut dalam.


5 Opsi Tujuan Wisata di Taman Nasional Bali Barat

Kombinasi di antara ekosistem darat dan laut yang berdampingan penuh serasi itu ialah daya magnet daerah TNBB dan sekelilingnya. Pelancong lokal atau asing dipersilahkan untuk berkunjung tempat TNBB.

Bahkan juga, sudah banyak tempat bermalam yang berdiri di daerah sekelilingnya, terhitung dalam TNBB sendiri. Yang perlu jangan melalui batasan yang dibolehkan, mengganggu, atau sampai menghancurkan lingkungan pelestarian yang dilindungi itu.

Untuk yang ketarik berkunjung teritori selebar 19.002 hektar ini untuk maksud berlibur selanjutnya, berikut lima tujuan wisata di TNBB dan seputar yang sayang untuk dilewati.


1. Wisata Trackking (Jelajahi TNBB)

TNBB terbuka untuk umum yang pengin berekreasi. Untuk masuk, dikenai ongkos ticket masuk Rp2.500 per orang untuk pelancong lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan asing. TNBB membuka tiap hari, dari jam 08.00 – 18.00 WITA.

Untuk yang pengin menginap, ada banyak pondokan—dengan biaya yang cukup mengambil kantong, sich. Tetapi, juga bisa jika hanya pengin menelusuri sepanjang satu hari. Kamu dapat mengikut paket wisata trackking yang disiapkan pengurus TNBB.

Dengan paket ini, kamu akan dibawa berkeliling-keliling teritori TNBB sama track yang dipastikan selam 3-4 jam. Kecuali menyaksikan bermacam vegetasi yang ada, kamu dapat menyaksikan macam satwa penghuni TNBB. Ada burung Jalak Bali, lutung, monyet ekor panjang, ayam rimba, burung ibis putih kepala hitam, burung cerek jawa, wili-wili besar, bangau tong tong, kijang, dan yang lain.

Disamping itu, dapat menyaksikan menjangan-menjangan, selaku salah satunya satwa yang dilindungi, berkeliaran. Malahan, jika kamu bermalam di resor atau hotel yang berada di TNBB, menjangan senang masuk di tempat pondokan, memberi kesan tertentu. Jika mujur, dapat menyaksikan menjangan jantan yang gagah (tetapi jarang-jarang nampak oleh umum).

Info mengenai ongkos dan yang lain, bisa mengontak langsung faksi TNBB di (0365) 61060/61173 atau e-mail


2. Menyelam di Pulau Menjangan

Tidak afdal rasa-rasanya jika ke TNBB tidak mencoba wisata menyelam di lautnya yang biru bersih dan sejuk. Ada empat pulau kecil di dekat TNBB, yakni Pulau Menjangan, Pulau Gadung, Pulau Burung, dan Pulau Kalong. Salah satunya pulau yang terkenal selaku object wisata ialah Pulau Menjangan.

Untuk bertandang ke Pulau Menjangan, dikenai ongkos masuk kembali sebesar Rp200.000 (weekdays) dan Rp400.000 (akhir pekan). Di Pulau Menjangan untuk menyelam (diving atau snorkeling) menyaksikan keelokan terumbu karang dan biota lautnya.

Sesaat di datarannya, bisa menyaksikan menjangan berkeliaran bebas dengan panorama alam selaku background yang mengagumkan. Di posisi yang namanya Klatakan, ada spot dengan ketinggian 400 mtr. dari permukaan laut yang bisa dipakai menyaksikan panorama cantik Pulau Bali.

Wisata pulau yang lain diantaranya berkunjung Pulau Bahari dan mendalami perairan sekelilingnya memakai perahu berlantai kaca (tak perlu menyelam!).


3. Sumber Air Panas Banyuwedang

Objek wisata tidak ada dalam tempat TNBB, tetapi masih bersisihan, yakni pada tepian teritori TNBB. Jadi, masih gampang dicapai sesudah kamu menelusuri TNBB.

Mandi di pemandian air panas ini bukan hanya beri kesegaran dan rileksasi badan. Kandung belerang dalam sumber air panas ini dapat berguna mengobati bermacam penyakit kulit.


4. Pura Pulaki

Seputar 28 km atau 30 menit ke arah teritori TNBB dari arah kota Singaraja, kamu bisa mendapati pura yang ada di tepi pantai namanya Pura Pulaki. Luangkan diri untuk singgah ke pura yang ada di jalan raya Singaraja-Gilimanuk sebab terletak yang unik, yakni di tepi tebing bukit batu karang.

Untuk sampai ke pintu pura, kamu harus naiki tangga memutar sepajang 3-5 mtr. saja. Sebab ada di atas bukit dan mengadap menuju laut, pengunjung bisa mendapati panorama mengagumkan dari pura ini. Apa lagi waktu matahari tenggelam, cahaya matahari yang nampak dari balik pintu pura samping barat laut elok sekali!

Pura Pulaku telah berdiri semenjak era ke-16 selaku tempat menghargai putra figur agama Hindu terpenting Si Hyang Nirartha, yakni Bhatiri Melanting. Di pura ini ada beberapa monyet ekor panjang berkeliaran bebas. Mereka tidak mengusik pengunjung, kok, asal tidak terganggu balik.


5. Pusat Penangkaran Jalak Bali

Tidak komplet ke TNBB jika tidak ke tempat penangkaran burung Jalak Bali. Burung ini adalah salah satunya satwa yang dilindungi sebab pernah jadi hewan sangat jarang. Dan, TNBB dikatakan sebagai salah satunya habitat asli burung yang namanya Bali Starling ini. Jalak Bali mencintai tempat savanna sebab makanan intinya ialah serangga di rumput-rumputan, yakni ulat, belalang, jangkrik, rayap, dan semut.

Salah satunya tempat penangkaran ada dari sisi kantor Balai Taman Nasional Bali Barat, namanya Pusat Pelepasliaran Jalak Bali Cekik. Tempat penangkaran yang lain berada di Tegal Bunder. Di beberapa tempat itu, pengunjung bisa menyaksikan burung-burung Jalak Bali bermain dalam kandang besar.

Itu lima tujuan wisata yang dapat kamu coba di Taman Nasional Bali Barat. Sama dengan object wisata di Bali Selatan yang terkenal, ada di TNBB dan sekelilingnya akan memberi pengalaman ciri khas "berlibur di Pulau Bali" yang tidak kamu lupakan. Ditanggung!

LihatTutupKomentar